Pengenalan Distribusi dan Deliveri

Memasuki era globlisasi yang penuh dengan kompetitif tidak hanya secara domestik melainkan juga internasional, membuat organisasi atau perusahaan berusaha terus-menerus mencari cara untuk membuat atau menghasilkan produk bernilai tinggi bagi pelanggan.

Distribution adalah salah satu aspek dari pemasaran. Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaanya sesuai dengan yang diperlukan (Jesis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan).

Distribusi adalah salah satu aspek dari pemasaran. Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. “Wikipedia“.
kegiatan distribusi adalah suatu aktivitas perpindahan barang dan jasa dari sumbernya ke pelanggan atau konsumen akhir melalui jalur distribusi secara tepat waktu.

Delivery proses pengiriman barang atau paket yang sudah terdaftar dalam manifest, yang kemudian dikirim sesuai kota tujuan.

Secara umum pengiriman barang adalah segala upaya yang diselenggarakan secara sendiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memberikan pelayanan jasa berupa pengiriman barang.

Kegiatan pengiriman barang adalah satu faktor yang penting untuk diperhatikan dalam menjalankan kegiatan bisnis. kegiatan ini dapat berjalan baik jika ada koordinasi antara supplier dan customernya. dengan begitu akan terjalin hubungan yang baik antara konsumen dan supplier dan kegiatan bisnis pun dapat berjalan dengan lancar.

Pengiriman Produk

pengiriman produk merupakan kegiatan dalam pendistribusian. dalam distribusi artinya menyampaikan  produk dari produsen kepada konsumen. sudah siap dikirimkan beserta dengan kelengkapan dari dokumen-dokumennya. seperti pengertian dari lembaga Logistik Indonesia mengemukakan bahwa pengiriman barang adalah :
Mempersiapkan pengiriman fisik barang dari gudang ke tempat tujuan yang disesuaikan dengan dokumen pemesanan dan pengiriman serta dalam kondisi yang sesuai dengan persyaratan penangnganan barangnya.
Sebelum melakukan pengiriman, aktifitas yang dilakukan setelah barang disiapkan adalah pengepakan (pack) dan pemilahan (sortasi). Packaging dilakukan secara sendiri-sendiri atau digabungkan untuk kenyaman atau keamanan barang. sedangkan sortasi adalah mengumpulkan picking atau packaging ke route yang benar dan harus membandingkan antara kapasitas truck dan route yang akan dilalui.

Yang dibutuhkan dalam proses pengiriman barang.

 

  • Armada
Adalah alat transportasi yang digunakan untuk pengangkutan dan pemindahan barang kiriman dari tempat asal ke tempat tujuan. Armada tersebut meliputi  :

 

  1.  Forklift
  2. Truck Box (Engkel, Cold diesesl, Tronton, Wing Box, Trailer)
  3. Sepeda Motor
  • Consigment Number Reguler (Nomor pengiriman)
Adalah surat bukti pengiriman barang, paket, dokumen yang beratnya dibawah 40 kg, dimana berfungsi sebagai tanda bukti pengiriman setelah melakukan transaksi pengiriman paket.

 

  • Manifest (Lembar daftar barang)
Adalah daftar barang atau paket kiriman yang akan dikirim sesuai tujuan masing-masing.

 

  • Trolly
Adalah suatu alat yang digunakan untuk mengangkat atau memindahkan barang dari suatu tempat ke tempat lainnya.

 

  • Kardus
Adalah alat yang digunakan untuk membungkus atau packing barang kiriman.

 

  • Stiker
Adalah alat yang digunakan untuk menandai suatu barang atau paket atau barang kolian agar tidak tercampur jadi satu dalam satu pengiriman sesuai daftar barang (manifest).

 

  • Kantong Plastik
Adalah alat yang digunakan untuk melindungi barang atau paket kiriman agar terlindung atau terhindar dari air dan kotoran.

 

  • Timbangan
Adalah alat yang digunakan untuk menimbang berat barang atau paket kiriman,
  • Stiker Fragile

Adalah alat yang digunakan untuk menandai suatu barang, dimana barang tersebut sangat berbahaya dan mudah pecah, seperti kaca, gelas, elektronik, tanaman, dan cairan.

  • Buble Set

Adalah alat berbahan dari plastik yang digunakan untuk melindungi barang atau paket kiriman dari benturan atau sentuhan benda keras, seperti hp, televisi dan barang elektronik lainya.

  • POD (Pre Order Delivery)

Adalah surat bukti bahwa barang atau paket kiriman sudah diterima oleh penerima (berfungsi untuk mempermudah pihak courier untuk bisa mengecek kapan dan siapa penerima barang atau paket kiriman tesebut).

  • Consigment Number Cargo (Nomor pengiriman)

Adalah surat bukti pengiriman barang cargo, kolian yang beratnya diatas 40 kg, dimana berfungsi sebagai tanda bukti pengiriman setelah melakukan transaksi pengiriman paket, seperti : Telivisi, sepeda motor, furniture, barang produksi dari perusahaan.

  • Lembar COD (Collect of Delivery)

Adalah bukti pengiriman dimana berisi mengnai biaya yang harus dibayar saat barang atau paket kiriman sampai di tujuan, yang berfungsi untuk mempermudah customer.

 

Khairul Janwar

Menjadikan EduLogistik, E-Magazine, Education Logistics and Business. Yang berbasis website di seluruh Indonesia maupun Dunia.

You May Also Like

5 thoughts on “Pengenalan Distribusi dan Deliveri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: