E-Commerce mendominasi pangsa pasar

Diera zaman yang serba modern ini semua aktifitas sudah serba elektronik, antara lain E-Commerce adalah peluang bagi semua pengusaha mengah bawah hingga atas dapat dengan mudah memulai usaha dengan E-Commerce, salah satunya yang sedang membuming adalah online shop atau belanja online via internet, adalah suatu proses pembelian baran atau jasa dari mereka yang menjual melalui internet. sejak kehadiran internet, para pedagang telah berusaha membuat toko online dan menjual produk kepada mereka yang sering menjelajahi duni maya (internet). Para pelanggan dapat mengunjungi toko online (Online Store) dengan mudah dan nyaman, mereka dapat melakukan transaksi di rumah, sambil duduk dikurisi mereka yang nyaman didepan komputer.

Bisnis online adalah juga sama seperti kegiatan bisnis yang kita kenal sehari-hari. Bedanya dalam bisnis online ini adalah segala kegiatan bisnis dilakukan secara online dengan menggunakan media internet.

Salah satu alasan mengapa semuanya berpaling ke toko online. karena jangkauan pemasaranya lebih luas, dengan demikian kemungkinan produknya bisa dilihat oleh banyak orang dan prospeknya semakin besar.

yang kita ketahui sekarang sudah banyak toko online di Indonesia dan yang sekarang sedang mendominasi sekali antara lain :

Berdasarkan data terkini dari Alexa, situs yang menyajikan peringkat dari sebuah website atau blog, Bukalapak.com menduduki peringkat pertama situs E-Commerce yang paling sering dikunjungi konsumen.

Bukalapak.com merupakan salah satu situs online marketplace terbesar di Indonesia. Pertumbuhan situs ini sebagai E-Commerce terbilang sangat cepat.

Website Bukalapak.com sendiri diluncurkan pada awal 2016, dan animo masyarakat sangat luas biasa. Bukalapak.com kini telah berhasil mengumpulkan lebih dari 190 ribu penjual (Seller), jumlah itu lebih banyak dari situs internet jual beli manapun di Indonesia.

Posisi kedua oleh Lazada.co.id. Lazada sendiri adalah jaringan toko online yang bermuara pada perusahaan ritel raksasa asal jerman bernama Rocket Internet. DI Asia Tenggara, termasuk indonesia, Lazada pertama kali hadir pada tahun 2012 kemarin.

Toko Online yang dikenal sebagai Amazon-nya Asia ini menyediakan berbagai jenis produk apapun mulai elektronik, buku, mainan anak, hingga alat kesehatan dan produk kecantikan.

Tokopedia.com adalah salah satu jaringan online terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. Didirikan oleh William Tanjuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009.
Saat ini Tokopedia berhasil menjadi situ marketplace online dengan tingkat kunjungan paling tinggi di Indonesia, yakni di peringkat 55 menurut situs web pengukur tingkat dan kualitas kungjungan Alexa.com, selain itu Tokopedia juga telah memiliki lebih dari 20 ribu merchant, 56 ribu anggota terdaftar, dan ratusan ribu produk.
Hebatnya lagi, pada awal masa berdirinya, selama periode Agustus 2009 hingga Agustus 2010 Tokopedia membuka total transaksi sebesar Rp 6 miliar.
Posisi keempat situs E-Commerce terbaik diduduki oleh Olx.co.id, adalah pasar iklan dengan jaringan Internasional yang pertama kali beroperasi pada tahun 2006 silam. Market place yang sudah hadir di lebh dari 106 negara ini didirikan oleh pengusaha internet Fabrice Grinda dan ALex Oxenford.
Menjelang akhir tahun 2014, OLX mengakuisisi tokobagus.com, dilanjutkan dengan berniaga.com, pada akhirnya dua platform market place itu digabungkan dan dilahirkan OLX.co.id yang resmi beroperasi pada Februari 2015 lalu.
Tokobagus.com sendiri merupakan situs iklan baris yang berbasis di Indonesia. Situs web ini merupakan perusahaan yang di investasi oleh Myriad International Holding (MIH), yang tak lain adalah investor dari situs web jual beli online Multiply.
Layaknya Tokobagus.com, Berniaga.com, juga merupakan situs iklan baris di Indonesia yang di fokuskan untuk aktivitas jual beli online. Situs ini beroperasi dibawah bendera perusahaan PT 701Search, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan media patungan antara singapore  Press Holding (SPH), dan Schibsted Classified Media (SCM).
Elevenia.co.id menduduki peringkat kelima. Elevenia merupakan marketplace yang diluncurkan oleh operator seluler PT XL Axiata Tbk (XL) dengan inisiatifnya untuk masuk dalam pasar E-Commerce Tanah Air.
Dalam membangun Elevenia XL, menggandeng SK Planet, sebuah perusahaan asal Korea Selatan yang bergereak dibidang bisnis digital. Kedua perusahaan bersinergi dan membangun Elevenia dengan komposisi investasi 50-50.

 

Diatas ini adalah E-Commerce yang menduduki peringkat teratas di Indonesia menurut EduLogistik.com, nah menurut pembaca bagaiman silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

 

Khairul Janwar

Menjadikan EduLogistik, E-Magazine, Education Logistics and Business. Yang berbasis website di seluruh Indonesia maupun Dunia.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: