Sistem dan Saluran Distribusi

Distribusi merupakan aktivitas pergerakan barang dan jasa dari pemasok hingga konsumen akhir melalui distribution channel (saluran distribusi). keseluruh kegiatan ini menghasilkan nilai tambah (value added) melalui pengiriman barang ke lokasi tempat konsumen berada. Pada waktu konsumen membutuhkanya, utilitas alat, dan efisiensi biaya, pihak yang berperan adalah shipper (pengirim barang atau pemilik) dan carrier (pihak yang membawa barang) tersebut kepada konsumen. (Sumber : Ricky Martono S.T., M.M.).
Kinerja jaringan distribusi dievaluasi melalui pemenuhan kebutuhan konsumen dengan biaya yang dibayar konsumen. Beberapa fungsi dasarnya sebagai beriukut :
  1. Menyediakan nilai tambah berupa pengiriman yang tepat jenis, jumlah, waktu, dengan tingkat biaya dan resiko yang paling optimum sesuai kebutuhan konsumen. Konsumen bisa berasal dari internal maupun eksternal organisasi. Kebutuhan konsumen bergantung pada kebutuhan pengiriman konsumen dan karakter barang yang akan dikirim. Konsumen initernal ingin agara barang dikirim untuk memnuhi kebutuhan organisasi bersama-sama, sedangkan konsumen eksternal ingin barang dikirim sesuai kesepakatan biaya, waktu, risiko dan moda transportasi.
  2. Mengonsolidasi dan memfasilitasi pengiriman dari produsen kepada konsumen. Termasuk mengirim barang sesuai peraturan sistem transportasi, dan hambatan lain disetiap lokasi tujuan.
  3. Menentukan moda transportasi memiliki karakter, kelebihan, dan kekurangannya. Pemilahan moda tergantung pada infrastruktur yang tersedia, kebutuhan untuk menyediakan transportasi sendiri atau bekerjasama dengan pihak lain.
  4. Menyimpan persediaan, jaringan distribusi selalu melibatkan proses penyimpanan produk sebelum produk tersebut dikirim atau diteruskan kepada konsumen. Tujuan pengadaan pesediaan adalah membagi perbedaan waktu kirim (lead team) dengan permintaan konsumen yang bervariasi.
  5. Menyediakan sistem transportasi, pengembalian barang (reverse logistics). Yaitu kegiatan pengembalian produk dari hilir ke hulu. pengembalian ini bisa karena produk rusakdan harus diperbaiki (rework), kadaluwarsa atau daur ulang (recycle).
Organisasi atau perusahaan dapat melakukan sendiri kegiatan distribusi dan transportasi ini atau mengadakan outsource dengan mempertimbangkan keuntungan biaya, mutu, dan layanan. Pihak yang ditunjuk untuk outsource ini disebut sebagai Trhid Party Logistics (3PL).
Keunggulan pelayanan yang disediakan  oleh pihak 3PL adalah :
  • Menyediakan visibility/kejelasan status pengiriman barang dan inventori, apakah barang sedang dalam perjalanan, sedang disimpan sementara digudang atau pabean, atau sudah diterima.
  • Kinerja pengiriman barang yang baik dengan biaya yang optimum. Pihak 3PL mampu mengurangi biaya pengiriman per unit karena mengumpulkan dan mengirim barang dari berbagai perusahaan / organisasi sehingga jumlah unit terkirim besar dan biaya transportasi tetap naik namun tidak signifikan.
  • Jaringan distribusi dengan biaya rendah karena strategi jangka panjang. Teknologi yang baik dan kemampuan kerjasama dengan organisasi distribusi di negara lain.
  • Menyediakan pelayanan terkai jasa pabean, kemasan dan asuransi.
Strategi Pengiriman Barang.
1. Direct Shipping. Pelayanan Point to point, yaitu pengiriman langsung dari konsumen ke konsumen sehingga tidak membutuhkan titik perantara seperti gudang dan pusat distribusi. Jenis barang yang cocok untuk dikirim dengan strategi ini adalah barang-barang yang mudah rusak, jumlah banyak, produk spesial.
Keuntungan :
  • Proses penanganan barang (handling) dan kemungkinana produk rusak lebih kecil.
  • Waktu pengiriman dari produsen ke konsumen lebih cepat.
  • Keakuratan data lebih baik karean tidak membutuhkan banyak titik distribusi dan penyimpanan.
Tantangan :
  • Penanganan barang menjadi sibuk akibat jumlah pengiriman dan dokumentasi yang harus cepat ditangani.
  • Tidak ada sefty stock jika ada masalah pengiriman, sehingga resiko pengiriman ditanggung bisa lebih tinggi.
2. Pergudangan (warehousing) atau pusat distribusi (distribution center) produk disimpan terlebih dahulu digudang atau pusat distribusi sebelum dikirim ke konsumen pusat distribusi bisa berupa tempat penyimpanan barang untuk melayani konsumen di area yang luas. Seperti tingkat provinsi. Sistem pergudangan biasa dipakai oleh perusahaan yang menjual barang tahan lama (masa kadaluwarsa lama atau tidak ada sama sekali). Dan resiko ketidakpastian antara pasokan dan permintaan tinggi.
Keuntungan :
  • Tersedia sefty stock untuk antisipasi masalah pasokan dan permintaan yang berubah mendadak.
  • Biaya transportasi bisa ditekan karean barang-barang dapat digabung untuk dikirim bersama pada jumlah pengiriman yang ekonomis.
Tantangan :
  • Jumlah inventori total mulai dan titik produsen sampai konsumen lebih tinggi. Akibatnya proses dan biaya penanganan barang (handling) biaya tenaga kerja dan fasilitas lebih tinggi.
  • Meningkatkan kemungkinana kerusakan barang karena banyak proses penanganan dan penyimpanan yang lebih lama.
3. Cross Docking, yaitu proses pengiriman barang dari beberapa sumber penerimaan barang. Kemudian langsung dipilah dan dikelompokkan lagi menuju lokasi pengiriman, tanpa memerlukan fasilitas penyimpanan sementara. Strategi in banyak dipakai oleh produsen bahan pokok. Truk LTL (Less-Than-Truckload). Dan carrier pada jasa kargo conveyor, bar code.
Keuntungan :
  • Mempercepat aliran produk, mengngurangi waktu transit, dan meminimumkan  inventory.
  • Meminimumkan, bahkan menghilangkan, aktivitas penanganan dan penyimpanan barang yang merupakan dua kegiatan termahal dalam proses distribusi.
  • Mengurangi fasilitas distribusi.
Tantangan :
  • Membutuhkan investasi awal teknologi informasi untuk mendukung data real time, contoh : penerapan Electronic Data Interchange (EDI) dan bar code pada kemasan.
  • Mungkin dibutuhkan investasi lain seperti fasilitas dan tata letak yang baru.
  • pergerkan barnag harus selalu dapat dipantau.

Khairul Janwar

Menjadikan EduLogistik, E-Magazine, Education Logistics and Business. Yang berbasis website di seluruh Indonesia maupun Dunia.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: