Manajemen Pergudangan Logistik

Manajemen Pergudangan Logistik

Cara Mengelola Manajemen Pergudangan Logistik – Manajemen warehouse juga sering disebut manajemen gudang. Are kerja manajemen warehouse umumnya berada di dalam warehouse itu sendiri. Sedangkan gudang merupakan tempat penyimpanan barang sementara. Sistem manajemen gudang atau manajemen warehouse ini diartikan sebagai pengelolaan dari aktifitas yang saling berhubungan untuk melakukan penyimpanan barang sementara.
Penyimpanan barang sementara ini terbagi atas penerimaan bahan laku / barang dari pemasok, handling barang dan pengeluaran barang ke tujuan lokasi produksi. Kegiatan manajemen warehouse terdiri dari beberapa kegiatan :
1. Kegiatan Administrasi
Kegiatan administrasi merupakan kegiatan dalam mengatur seluruh pengeluaran dan pemasukan dana pada setiap perusahaan. Arus pengeluaran dan pemasukan dana tersebut selalu diupayakan untuk dicatat demi memudahkan pengembangan perusahaan yang berkaitan dengan manajemen warehouse.
2. Penerimaan Barang
Kegiatan penerimaan barang diatur sepenuhnya untuk memetakan besaran dana dan produk yang diperoleh oleh perusahaan.
3. Penyimpanan Barang
Setiap Barang yang masuk dalam gudang perusahaan diupayakan tersimpan dengan aman dari bahaya apapun di dalam lingkungan gedung.
4. Pengepakan Barang
Kegiatan pengepakan barang dilakukan untuk memastikan kondisi barang yang dikirimkan dalam keadaan baik. Pengepakan juga menjadi bagian dari manajemen warehouse.
5. Pengeluaran Barang
Beberapa barang yang keluar dari warehouse harus dipastikan tercatat dengan detail dan rapi. Setiap sistem pasti bertujuan agar sistem pengeluaran barang tertib dan efisien, sehingga memudahkan pengelolaan di dalam warehouse.
Keuntungan yang didapatkan perusahaan melalui pelaksanaan manajemen warehouse diantaranya adalah :
1. Menghindarkan pengeluaran/budget yang tidak penting bagi perusahaan
Yang menggunakan manajemen warehouse, produksi akan langsung dapat menimbang dan mengelola kemungkinan besaran dana maksimal yang akan dibutuhkan oleh perusahaan selama proses produksi.
2. Manajemen warehouse diadopsi oleh beberapa perusahaan besar
Sebaagian perusahaan banyak telah sukses karena menerapkan manajemen warehouse yang tepat. Selain karena pengaturannya mudah, manajemen warehouse ini juga dijalankan dengan menggunakan metode yang berkesinambungan sehingga beberapa perusahaan besar juga akan dapat bekerja sama penuh dengan anda.
3. Manajemen warehouse meningkatkan pengaturan dan perkembangan bisnis
Manajemen warehouse dijalankan dengan menggunakan setiap system keterampilan bagian logistik dalam perusahaan yang berkompeten di bidangnya. Jadi yang merupakan  manajemen warehouse mendukung peran perusahaan untuk bisa menjalankan perkembangan dan pengaturan bisnis yang baik melalui proses supply chain management.

Khairul Janwar

Menjadikan EduLogistik, E-Magazine, Education Logistics and Business. Yang berbasis website di seluruh Indonesia maupun Dunia.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: