Manfaat Gudang

Manfaat Gudang

Pergudangan memiliki beberapa manfaat. Menurut Purnomo (2004:282) secara garis besar manfaat pergudangan antara lain adalah sebagai berikut :

1. Manufacturing support (pendukung proses produksi)

Operasi pergudangan mempunyai peranan sangat penting dalam proses produksi. Dukungan dari operasi pergudangan sangat mutlak bagi kelancaran proses produksi, sistem administrasi proses penyimpanan, transportasi dan material handling. Serta aktivitas lain dalam pergudangan diatur sedemikian rupa sehingga proses produksi berjalan sesuai dengan target yang hendak dicapai.
 

2. Production mixing

Menerima pengiriman barang dari berbagai sumber dan dengan system material handling, baik otomatis maupun manual. Dilakukan penyortiran dan menyiapkan pesanan pelanggan untuk selanjutnya mengirimnya ke pelanggan tersebut.
 

3. Sebagai perlindungan terhadap barang

Gudang merupakan jenis peralatan /tempat dengan sistem pengamanan yang dapat diandalkan. Dengan demikian barang akan mendapatkan jaminan keamanan baik dari bahaya pencurian, kebakaran, banjir, serta problem keamanan lainnya.

4. Dalam sistem pergudangan

Material berbahaya dan tidak berbahaya akan dipisahkan. Beberapa material ada yang beresiko membahayakan dan menimbulkan pencemaran. Untuk itu, dengan menggunakan kode keamanan tidak diijinkan material yang beresiko tersebut ditempatkan dengan lokasi pabrik.

5. Sebagai persediaan

Untuk melakukan peramalan permintaan produk yang akurat merupakan hal yang sangat sulit. Agar dapat melayani pelanggan setiap waktu, pergudangan dapat digunakan sebagai alternatif tempat persediaan barang yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan penanganan persediaan.

Khairul Janwar

Menjadikan EduLogistik, E-Magazine, Education Logistics and Business. Yang berbasis website di seluruh Indonesia maupun Dunia.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: