Inkubator Bisnis Politeknik APP

 
Inkubator Bisnis adalah perusahaan/ lembaga yang memberikan suatu program yang didesain untuk membina dan mempercepat keberhasilan pengembangan bisnis melalui rangkaian program permodalan yang diikuti oleh dukungan mitra/ pembinaan elemen bisnis lainya dengan tujuan menjadikan usaha tersebut menjadikan perusahaan yang profiteable, memiliki pengelolaan organisasi dan keuangan yang besar, serta menjadi perusahaan sustainable, hingga akhirnya memiliki dampak positif bagi masyarakat.
 
FORM DATA INKUBATOR
Nama Inkubator        : Inkubator Bisnis Politeknik APP
Nama Instansi           : Politeknik APP Jakarta
Payung Hukum         : Surat Keputusan Direktur nomor 17/SJ.IND.6-4/1/2013
Bidang                       : Manajemen
Tgl/Thn Berdiri           : 2013
Alamat                       : Jl. Timbul no. 34 Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Provinsi                     : DKI
Telefon/Fax               : (021) 7867382 – 7867383 / (021) 7271847
Website Inkubator     : www.poltekapp.ac.id
E-mail Inkubator        : app.inbis@yahoo.com
Nama Kontak 1         : Fajria Fatmasari                                        
Telefon Kontak 1       : 085747854999                              
E-mail Kontak 2        : fajria@kemenperin.go.id– fahma.fahd@yahoo.com


Profile Inkubator Bisnis Politeknik APP

 
Gambaran Umum 
Inkubator Bisnis Politeknik APP Jakarta merupakan unit di bawah UPPM yang bertugas melatih, membimbing, dan membina mahasiswa dalam bidang kewirausahaan yang berdiri pada awal tahun 2013. Dalam perjalannya, Inkubator Bisnis menjadi unit tersendiri yang berada dibawah komando Direktur sejak akhir tahun 2014, seiring berubahnya nomenklatur menjadi Politeknik APP, sebagaimana dimandatkan oleh Direktorat Jendaral Pendidikan Tinggi.
 
Inkubator Bisnis dipimpin oleh seorang Kepala yang ditunjuk langsung oleh Direktur melalui Surat Keputusan. Dalam menjalankan operasionalnya, kepala inkubator bisnis dapat membentuk tim ad-hoc. Tim ini akan melakukan kegiatan sesuai dengan yang telah direncanakan.
 
Adapun yang menjadi tenant inkubator bisnis adalah mahasiswa, baik Politeknik APP Jakarta maupun Akademi Pimpinan Perusahaan. Tenant harus melalui proses registrasi, cetak atau email, dan disetujui untuk mengikuti kegiatan inkubator bisnis.
 
Inkubator Bisnis Politeknik APP membidani beberapa bidang yang menjadi minat tenant dalam berbisnis, antara lain:
 
1   1. Fashion
Pada bidang ini, tenant bergerak di bidang clothing distro yakni pembuatan kaos modern dan sablon, kerajinan, dan pembuatan sepatu. Di samping itu, beberapa tenant bergerak di bidang apparel atau aksesoris.  
2. Pangan
Pada bidang minat tenant berkisar pada usaha makanan ringan (snack) baik yang kering maupun basah, minuman olahan, makanan utama dan sari buah. Di samping itu, beberapa tenant berminat pada usaha pengolahan komoditas.
3. Jasa dan Teknologi
Pada bidang ini, tenant inkubator bisnis bergerak pada lembaga belajar hingga pembuatan aplikasi toko online komoditas.
4. Lain-lain
Bidang ini membidani tenant yang bergerak di luar 3 bidang yang telah disebutkan, misalnya furniture dan masker herbal.
 

Aktivitas yang Dilaksanakan

 
Secara nyata bisnis memiliki beberapa aktivitas, yang mayoritas bersifat in-wall. Aktivitas tersebut antara lain :
 
1. Pelatihan

Pelatihan yang dilakukan oleh inkubator bisnis, biasanya berupa pelatihan motivasi dan pelatihan manajerial. Pelatihan dilakukan oleh praktisi kewirausahaan yang diundang secara khusus.

2. Pendampingan
    a. Pendamping Terstruktur
        Pendampingan terstrukutur merupakan pertemuan rutin antara pengelola incubator
        dan para tenant untuk berdiskusi mengenai progress usaha.
    b. Pendamping Tidak Terstruktur
        Pendampingan tidak terstruktur merupakan pendampingan yang dilakukan secara                 incidental, misal ketika tenant bersiap mengikuti kompetisi rencana usaha.

3. Pameran

Pameran dilakukan oleh para tenant dengan tujuan memperluas pasar produk para tenant. Pameran dilaksanakan di dalam kampus dan di luar kampus, misalnya di lobi Kementerian Peridustrian.
4. Pengikutsertaan Kompetisi
Para tenant didorong untuk mengikuti berbagai kompetisi di luar institusi. Hal ini bermanfaat untuk memupuk jiwa kemandirian, keberanian, dan semangat berkompetisi. Di samping itu, dapat memperkenalkan Politeknik APP kepada masyarakat.


Peserta 

Sejak tahun 2013, inkubator bisnis melakukan proses rekrutmen para tenant. Mahasiswa yang tertarik bergabung dapat mendaftarkan diri melalui email atau mendatangi ruangan inkubator bisnis.Berikut gambaran minat usaha tenant inkubator bisnis Politeknik APP

Diagram Peminatan Bidang Usaha Tenant Inkubator Bisnis
 Sumber: Data Inkubator Bisnis, 2016
 
Berdasarkan data, mayoritas tenant memiliki peminatan di bidang fashion. Bidang ini banyak dilirik karena trend yang selalu up to date setiap waktu dan relatif beresiko lebih kecil dibandingkan usaha lainnya. Berikut ditampilkan pula jumlah rekrutmen dari tahun ke tahun, dimulai tahun 2013 hingga 2016. Jumlah ini masih dapat bertambah seiring waktu yang masih tersisa.
Tabel Rekrutmen Tenant Inkubator Bisnis (orang)
Sumber: Data Inkubator Bisnis, 2016 
 

Penutup

 

Inkubator Bisnis merupakan salah satu unit yang mendukung penumbuhan wirausaha baru yang dapat meningkarkan perekonomian nasional. Dengan beraneka ragam aktivitas yang dilaksanakan, diharapkan minat dan motivasi tenant semakin meningkat dan dapat mempercepat tumbuhnya wirausaha baru di Indonesia.

Khairul Janwar

Menjadikan EduLogistik, E-Magazine, Education Logistics and Business. Yang berbasis website di seluruh Indonesia maupun Dunia.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: