Sortir Barang (Edukasi)

Sortasi/ Sortir Barang

Hallo sahabat edulogistik kali ini mau membahas masalah sortasi atau biasa disebut dengan sortir, nah pasti sudah tidak asing lagi ya dengan yang namanya sortir barang karane di dunia logistik bahasa sortir ini sangatlah sering digunakan bahkan ini sangat berpengaruh pada dunia logistik untuk meberikan kiner yang baik dalam pelaksanaan atau pengiriman barang ekspedisi.

Sortasi/ sortir barang adalah, kegiatan memisahkan atau memilah-milih barang sesuai dengan tujuan kirim dari masing-masing daerah tujuan, nah artinya saja memilah-milih barang berarti sangat lah penting dalam dunia logistik karena kalau kita sampai salah saja melakukan proses sortir barang maka yang ada barang kita akan terkirim ke daerah yang bukan seharusnya menerima barang yang kita kirim, hayoo benarkan jadi proses sortir ini santalah penting sahabat edulogistik, untuk meminimalisir kesalah pengiriman ke daerah lain.

Nah dalam dunia logistik atau ekspedisi, proses sortir ini dilakukan dengan cara melihat alamt pada barang yang hendak di sortir, biasanya kita dapat melihatnya pada resi/ connote yang tertera pada setiap barang-barang kiriman, nah disini kita akan melakukan sortir sesuai dengan alamat kirim barang tersebut, biasanya ada juga di setiap perusahaan logistik yang melakukan proses sortir dengan cara melihat alamt di ressi/ connote atau ada juga yang menggunakan 3 Letter Code, atau biasa disebut dengan sebutan “Tiga Digit Kota Besar”, nah ini juga dapat mempermudah dalam proses sortir barang, biasanya dilkaukan dengan menulis di barang tiga digit kota besar ini dengan spidol besar berwarna merah atau warna lainya yang biasa digunakan oleh masing-masing perusahaan logistik, contoh 3 Letter Code :

  • BDO : Bandung
  • KNO : Kualanamu
  • TKG : Bandar Lampung
  • BSI : Bekasi
  • XOJ : Sidoarjo
  • MLG : Malang
  • SRG : Semarang
  • SEG : Serang

Diatas ini salah satu 3 Letter Code yang biasa digunakan, saya tidak menulis semunya karena nanti kepenuhan, heheh bercanda yang sahabat edu. Jadi kalau lebih jelasnya kalian bisa langsung cek di website Asperindo mengenai 3 Letter Code ini karena, Asperindo ini lah asosiasi yang menaungi ekpedisi di Indonesia.

Biasanya alur dari sortasi, itu dilakukan dengan receiving atau penerimaan barang karena kalau tidak ada penerimaan barnag maka tidak ada yang namanya proses sortasi benarkan ???

Setalah kita menerima barang maka kita melakukan proses Put Away yaitu melakukan proses penempatan barang ke warehouse atau gudang dan biasanya proses put away ini juga ada proses sortasi karena kita tidak sembarangan melakukan penempatan barang pasti harus di sortir terlebih dahulu agar barang-barang yang kita mau tempatkan di warehouse atau gudang semuanya tidak tercampur.

Setelah proses penempatan barang kita biasanya melakukan proses picking atau persiapan barang. Disini kita melakukan pengecekan dokumen pendukung atau dokumen barang-barang yang hendak atau mau ktia ambil dari gudang, setalah kita mendapatkan dokumen pendukung atau list barang kita melakukan proses pengambilan di gudang dan melakukan proses sortir untuk nantinya proses packing masing-masing barang yang ingin dikirim, ada yang menggunakan packing kardus, bubble, ataupun kayu tergantung dari kebutuhan si barang tersebut.

Setelah proses semua dilakukan maka, selanjutnya dalah proses finising yaitu proses kelengkapan dokumen untuk pengiriman, yang harus dilengkapi sudah pasti dokumen ressi/ connote atau dokumen barang itu, dan juga dilampirkan dengan manifest atau SP (Surat Pengiriman), dan jangan lupa juga pass untuk si driver agar bisa keluar perusahaan untuk proses pengiriman barang atau delivery. selanjut proses pengiriman barang ke customer yang dilakukan oleh driver atau courir pengirim.

Kurang lebih prosesnya seperti itu kalau ada yang salah atau kurang tepat silahkan mengirimkan komen anda ke redaksi@edulogistik.com atau bisa menulis artikel baru akan kami publish di website edulogistik, nah tunggu artikel selanjutnya yaa,,, di edulogistik. salam edukasi.

avatar

Khairul Janwar

Menjadikan EduLogistik, E-Magazine, Education Logistics and Business. Yang berbasis website di seluruh Indonesia maupun Dunia.

Khairul Janwar

Menjadikan EduLogistik, E-Magazine, Education Logistics and Business. Yang berbasis website di seluruh Indonesia maupun Dunia.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: