Do You Even Know What Logistics is?

Logistik adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh dan sering kali digunakan oleh manusia dalam menjalankan aktivitasnya. Tapi, seberapa paham kamu tahu tentang logistik? Well, let’s see how far you know about it!

Kita akan memulainya dengan pengertian, apa sebenarnya arti dari kata logistik? Dari mana asalnya? Well, kata logistik berasal dari Bahasa Yunani kuno dengan dua rangkaian suku kata yaitu “Logic” dan “Thios”. “Logic” berarti masuk akal,  rasional dan dapat dipertanggung jawabkan, sedangkan “Thios” berarti berpikir, sehingga kalau kedua kata ini digabungkan menjadi berpikir rasional dan dapat dipertanggung jawabkan (Sutarman, 2005). Dalam perkembangannya sendiri, logistik merupakan suatu proses untuk merencanakan, mengeksekusi transportasi yang efisien dan melakukan penyimpanan barang yang tepat untuk dikirimkan dari titik awal menuju pada titik konsumen, dengan tujuan agar barang tersebut dapat sampai ke tangan konsumen sesuai dengan waktu yang ditentukan konsumen dan dengan biaya se-efisien mungkin.

Banyak perusahaan yang bergerak pada bidang logistik, perusahaan tersebut pada umumnya menyediakan jasa pada perusahaan manufaktur, retail dan industri lain yang memiliki kebutuhan tinggi dalam menggunakan jasa transportasi untuk pengiriman barang. Beberapa perusahaan logistik menangani hampir disemua bidang infrastruktur, mulai dari pesawat jet, truk, gudang hingga software, sementara beberapa perusahaan lainnya menangani satu atau dua bagian saja. Beberapa perusahaan logistik di dunia yaitu DHL, DSV Logistics dan DB Schenker.

In some ways, we might think about why does logistics important for us to know? Jadi, kenapa logistik cukup penting untuk diketahui? Dalam beberapa perusahaan, terutama pada perusahaan manufaktur, Kita mengetahui tentang adanya supply chain, sedikit saja keterlambatan Kita dalam melaksanakan pengiriman barang, maka proses supply chain itu sendiri akan menjadi berantakan.

Bayangkan jika Anda memiliki perusahaan yang bergerak pada bidang konveksi, dalam suatu ketika perusahaan Anda mendapatkan order sebesar 1000 kemeja wanita yang harus diselesaikan dalam jangka waktu satu minggu atau tujuh hari. Anda akan mengatur planning untuk menangani proses kerja perusahaan sehingga pesanan tersebut dapat selesai tepat pada waktunya, namun Anda mengetahui jika stock benang pada perusahaan Anda hampir habis dan harus melakukan restock untuk bisa memenuhi permintaan atas order tersebut. Bidang pengadaan perusahaan Anda lalu memesan benang pada supplier benang Anda, namun setelah beberapa saat kemudian Anda mengetahui bahwa benang yang Anda pesan ternyata mengalami keterlambatan diperjalanan karena terjadi bencana alam. Akhirnya, proses pengiriman benang itupun tertunda hingga satu hari lamanya, planning perusahaanpun akhirnya ikut terganggu sehingga menimbulkan keterlambatan pada penyelesaian order.

Disinilah kita memerlukan perencanaan transportasi yang baik dan benar, meskipun kelihatannya ringan, namun jika terjadi pada jangka panjang secara terus menerus dapat menimbulkan kerugian. Ok, pembahasan diatas tadi menjelaskan sedikit tentang logistik. Jadi, Kamu udah paham kan tentang makna dibalik kata logistik dan seberapa pentingnya perencanaan logistik dalam suatu perusahaan? Well, see ya!

Source :

https://searcherp.techtarget.com/definition/logistics

avatar

Meyy

Perfectly Imperfect

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: