Apa yang dimaksud dengan cargo udara?

edulogistik.com – Biasa kita kenal adalah barang-barang yang dikirim melalui udara atau pesawat secara mudahnnya, atau bisa juga setiap benda yang dibawa dalam sebuah pesawat udara. (wikipedia.org)

Untuk pengiriman barang udara di Indonesia masih terbilang sulit-sulit mudah kendati, karena di Indonesia masih menggunakan pesawat komersil dan pengiriman udaranya masih sangat terbatas makanya masih banyak barang-barang kiriman udara yang terkadang di hold karena bagasi sudah penuh, dan disini proses pengiriman udara kita harus membooking terlebih dahulu agar kita dapat space untuk pengiriman barang kiriman udara kita.

Jenis-jenis pesawat udara yang digunakan :
– Pesawat penumpang sipil, kargo biasanya diangkut dalam ruang sisa dibagian perut pesawat yang tidak digunakan untuk bagasi penumpang
– Pesawat angkut, Merupakan pesawat khusus barang yang membawa muatan diatas dek utama dan didalam perut dengan cara pengangkutan mellalui hidung pesawat atau bagian samping pesawat
– Pesawat terbang kombi, Membawa kargo diatas dek utama dibelakang area penumpang melalui pengangkutan samping dan didalam perut pesawat. (wikipedia.org)

Dalam proses pengiriman barang melalui cargo udara, biasannya barang-barang kiriman udara harus melalui RA (Regulated Agent), yaitu untuk diproses dalam X-Ray alat yang mengetahui isi barang kiriman agar tidak terdapat barang-barang yang bersifat membahayakan warga sipil, antara lain salah satunnya power bank dll.

setelah proses RA, kemudian baru dibawa ke cargonya udara untuk diproses pengiriman udara setelah mendapatkan no. flight. dan juga SMU (Surat muatan udara), dan biasanya dilampiri juga dengan PTI (Pembetitahuan tentang isi), yaitu kendati masih proses pengirimannya melalui pewasat komersil maka harus jelas barang-barang yang dikirim melalui cargo udara, dikarenakan prioritas utama adalah penumpang.

Khairul Janwar

Menjadikan EduLogistik, E-Magazine, Education Logistics and Business. Yang berbasis website di seluruh Indonesia maupun Dunia.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: