Kemenhub Revisi Aturan Angkutan Barang, Ini Poin-Poin Pentingnya

sumber : beritasatu.com

Bisnis.com, Jakarta – Kementrian perhubungan (Kemenhub) tengah merevisi aturan mengenai penyelenggaraan angkutan barang. Apa saja yang menjadi poin krusial dalam revisi tersebut ?

Kemenhub menyatakan bahwa isu utama yang dibahas yakni berkaitan dengan digitalisasi dan pemberantasan truck kelebihan dimensi dan muatan (Overdimension Overload).

Direktur Jendral Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi mengatakan bahwa Pihaknya telah merivisi regulasi terkait penyelenggaraan angkutan barang yang selama ini diatur melalui keputusan Mentri perhubungan No. KM 69/1995.

“Telah beberapa kali dilakukan pembahasan, uji publik ataupun focus group discussion [FGD] dengan pemangku kepentingan terkait,”katanya dalam keterangan yang diterima , Jumat (3/5/2019).

Dia menyambut, beberapa hal yang diatur dalam revisi KM 69/1995 ini terkait dengan digitalisasi dan isu keselamatan terkait pengendalian Overdimension Overload (ODOL).

Salah satu penekanan dalam perubahan regulasi dibidang angkutan jalan, antara lain tekait penggunaan teknologi informasi untuk pengawasan dan keselamatan, seperti penggunaan peralatan Global Position System (GPS), e-logbook dan e-ticketing.

“Diharapkan para operator angkutan dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk mendukung kegiatan pengawasan terhadap operasional armada dan pengemudi serta mengurangai kebocoran pendapatan operasional yang salama ini dimanfaatkan oleh para pengurus, agen dan preman dilapangan,”tuturnya.

Dalam hal perizinan, pemerintah telah merilis Online Single Submission (OSS) yang akan terhubung dengan aplikasi perizinan diberbagai Kementraian/ Direktorat/ Dinas Teknis sesuai jenis perizinan yang diterbitkan.

Sumber dan berita selengkapnya :
https://ekonomibisnis.com/read/20190503/98/918420/kemenhub-revisi-aturan-angkutan-barang-ini-poin-poin-pentingnya

Khairul Janwar

Menjadikan EduLogistik, E-Magazine, Education Logistics and Business. Yang berbasis website di seluruh Indonesia maupun Dunia.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: