Teknologi telah memegang peranan penting dalam setiap aspek industri, termasuk industri logistik yang mengatur pengiriman barang.Pengembangan teknologi informasi melalui berbagai aplikasi khususnya di era disrupsi ini bertujuan untuk menjaga industri selalu kompetitif.

Perusahaan pelayaran nasional terkemuka PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL), sudah menerapkan digitalisasi dalam kegiatan operasional perusahaan, baik secara internal maupun eksternal. Mendasarkan pada kualitas dan integrasi solusi pelayanan kepada pelanggan, SPIL telah mengembangkan program aplikasi MySPIL sejak tahun 2016 lalu. Di mana saat itu merupakan aplikasi pertama dalam industri logistik di tanah air. Pelanggan tidak hanya bisa membuat booking, e-SI, e-BL dan melakukan pembayaran melalui virtual account saja. Namun, juga bisa melihat posisi barang yang dikirim melalui aplikasi.

Joshua Jimmy Kai, Head of e-Commerce Development PT SPIL menjelaskan keunggulan mySPIL pada acara business talk melalui via daring dengan judul  ‘Shipping and Logistics Digitalization for Efficient Logistics Business’.

“Dulu keperluan booking pelanggan harus ke kantor, kini mereka cukup mengunduh aplikasi mySPIL, harga, rute, nama kapal dan jam keberangkatanya sudah bisa diketahui. mySPIL juga memungkinkan pelanggan bisa memantau langsung posisi barang yang dikirim. Kemudahan ini membuat penetrasi pasar aplikasi ini juga sangat cepat. Hingga saat ini pelanggan kita di 10 kota yang menjadi fokus kita sudah 80 persen beralih ke digital,” kata Joshua.

Meski demikian ia mengakui bahwa pengembangan ke cabang-cabang yang lain masih menjadi tantangan baginya. “Ada banyak faktor yang menjadi kendala mulai sinyal, orang nggak ngerti atau nggak ada kuota. Jadi kita perlu sosialisasi lagi untuk layanan aplikasi ini,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Zaldy Ilham Masita, Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia menjelaskan penerapan digitalisasi dipengaruhi pengalaman pengguna.”Konsistensi harus dijaga sehingga digitalisasi dapat dianggap berhasil. Berikutnya data apa yang bisa dimanfaatkan dalam digitalisasi itu. Di saat menerapkan digitalisasi, skala sistem juga harus diperhatikan sehingga ketika mulai banyak yang menggunakan aplikasi yang dipakai tidak terhambat. Server data juga harus dikembangkan lagi. Ketika suatu perusahaan menerapkan digitalisasi, harus ada pengukuran yang jelas antara pengeluaran dan pemasukan sehingga terlihat perkembangan dalam digitalisasi yang telah dilakukan.


Sumber berita : Truckmagz.com
Editor : Sigit
Foto : SPIL

Views 1,708 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *